Saturday 5 January 2019

Review DreadOut Movie 2019

Halo semuanya! First of all, Happy New Year 2019 yaa. Semoga di tahun yang baru ini kita bisa menggapai goals yang belum bisa kita raih di tahun-tahun sebelumnya. Jangan menyerah, tetap semangat!

Nah, untuk postingan pertama 2019 akan Karin buka dengan review film horror *lagi LOL. DreadOut ~!! Yay! Film ini diadaptasi dari game buatan Indonesia yang berjudul sama, yaitu DreadOut. Sebetulnya Karin mau review film nya kemarin, karena nontonnya kemarin. Tapi karena capek banget, baru sempat nulis reviewnya hari inii. Hehehe.


Sebetulnya, pada awalnya Karin ngga berminat nonton film ini karena di trailernya itu beda banget sama game nya. Jadi semacam takut kecewa gitu sih.. Tapi karena ternyata banyak yang ngajakin nonton DreadOut, jadi Karin ikut. Soalnya lumayan penasaran juga sih. hehehe. Oke, sekarang Karin akan mulai review film Dread Out nya ya!


Review Dread Out Movie



Jadi, film ini menceritakan mengenai seorang gadis bernama Linda yang  diminta untuk menemani beberapa temannya ke sebuah rusun yang sudah lama tidak berpenghuni dengan tujuan melakukan siaran langsung demi meningkatkan followers sosial media salah satu teman yang bernama Jessica. Seperti tipikal film horror kebanyakan, niat yang tidak baik pasti akan mendatangkan sesuatu yang tidak baik juga.

Menurut Karin, film ini tidak terlalu menyeramkan dan lebih banyak ke adegan sadis (gore nya). Dibumbui dengan unsur komedi juga dan nuansa Indonesia ala ala game nya. Untuk yang belum pernah bermain game-nya, Karin rasa film ini cukup membuat memutar otak dan akan membuat orang berfikir "apa sih?". Hanya saja, untuk yang pernah bermain gamenya akan merasa cukup familiar ditambah ada beberapa adegan dari sudut pandang kita(orang pertama) seperti di dalam game nya. Satu lagi, untuk kamu-kamu yang familiar dengan sosok RRQ Lemon, kamu akan melihat dia di film ini! HAHAHAHAHHAHAHA. XD

Filmnya tidak memiliki jumpscare yang terlalu banyak dan ceritanya tidak sedalam game nya. Namun, film ini termasuk penting untuk ditonton karena berkaitan dengan keseluruhan cerita Dread Out. Untuk kamu yang bermain Dread Out atau akan bermain Dread Out, kamu harus tonton ini!

Kelebihan dan kekurangan DreadOut (versi Karin)

Kelebihan:
- Cerita Dread Out yang menjadi lebih luas dan menjawab beberapa misteri di dalam game
- Unsur komedi serius menjadikan film ini lebih santai untuk ditonton
- Efek film yang cukup baik dan real

Kekurangan:
- Tidak memiliki jumpscare / klimaks yang terlalu berarti
- Beberapa karakter tidak dibuat seperti game aslinya (banyak yang kecewa mengenai ini)
- Kurang disarankan bagi yang kurang tertarik mengenai game DreadOut/game horror
- Plot yang mudah ditebak

Karin's Review


Rate (all) : 8.5/10 (kalau sudah main game nya) || 6/10 (kalau belum main game nya) *berdasarkan temen temen yang kemarin nonton bareng Karin

Acting : 7/10

Alur cerita : 5/10


Nah, untuk kamu yang penasaran mengenai keseluruhan cerita dari DreadOut, Karin akan mencoba menjelaskannya disini.Jadi, film DreadOut ini merupakan prequel atau cerita sebelum game DreadOut. Lalu cerita selanjutnya adalah demo Dread Out. Karin sketsakan keseluruhan plot ceritanya seperti ini kira-kira :

maaf tulisannya jelek hehehehheheheheh

Nah, sebelum Karin menceritakan keseluruhan cerita dari Dread Out, Karin mau curhat sedikit. Boleh di skip kalau mau. Jujur saja, banyak pengalaman kurang menyenangkan selama Karin menonton film DreadOut. Jadi, Dread Out ini merupakan film untuk 17 tahun ke atas, namun di bioskop banyak anak-anak dibawah umur (sekitar SD atau SMP) menonton film ini. Kemudian, banyak orang yang ternyata masih saja norak *maaf* merekam film dengan hp selama film diputar. Ini sangat mengganggu penonton lain. Apalagi orang tersebut merekam menggunakan flash dan layar hpnya sangat terang hingga mengganggu penonton lain. Karin dan teman Karin menegur dia , namun tidak beberapa lama dia merekam film lagi dan memasukkan ke dalam insta story nya. Mohon dengan sangat kepada teman-teman untuk tidak meniru hal ini!! :( Selain sangat mengganggu penonton lain, apabila ada seseorang yang melaporkan hal ini, maka pelaku bisa ditindak pidana loh!

Keseluruhan cerita Dread Out
Will Be updated!

Dari movie sampai game nya

*warning spoiler alert
Nah, seperti yang sudah Karin jelaskan di bagan(?) tadii. Keseluruhan cerita DreadOut ini berasal dari film nya, game nya dan juga komik nya(karin lupa tulis di bagan, maaf ><)

1. Dread Out Movie(2019)


Ini adalah awal dari cerita Dread Out.(karin berusaha meminimalisir spoiler sebisa mungkin ><) Dimana awalnya Linda diajak untuk menemani Jessica dan kawan-kawan untuk melakukan siaran langsung di sebuah rusun tidak berpenguni. Jessica yang ingin followersnya semakin banyak akhirnya memutuskan untuk memasuki area rusun yang diberi garis polisi. Dimana yang ternyata adalah rumah Linda saat kecil. Linda dan kawan-kawan memasuki ruangan rusun dan membuka sebuah portal menuju alam lain berbentuk kolam. Seluruh anak-anak berhasil kembali ke rusun sementara Jessica dan Linda tidak. Disini Linda mengetahui bahwa beberapa makhluk bisa dimusnahkan menggunakan flash kamera di hp nya. Ternyata Linda diculik oleh sesosok wanita berkebaya putih, Linda kemudian berhasil kembali bersama Jessica ke rusun namun kini Jessica dirasuki oleh sosok wanita berkebaya merah (yang nantinya merupakan boss di dread out 1). Teman-teman Linda ditarik masuk ke dalam portal sehingga Linda harus kembali ke alam lain untuk menyelamatkan teman-temannya. Ternyata, salah satu dari teman Linda yaitu Beni sudah merencakan semua ini demi mendapatkan keris dari wanita berkebaya merah. Pada akhirnya, semua orang berhasil selamat dan keluar dari portal kecuali Beni. Bu Siska, yang ternyata adalah ibu Beni. Mendapat video call yang berisikan Beni meminta tolong. Hal ini mendasari ajakan Bu Siska untuk mengajak Linda dan kawan-kawannya untuk karya wisata dengan tujuan tersembunyi yang sepertinya adalah menyelamatkan Beni.

2. Dread Out demo (2013)



Nah, dulu Karin pernah review versi demo nya juga kan? Hahaha. Nah, di demo ini menceritakan Linda berada di sebuah desa tidak berpenghuni dan melawan makhluk-makhluk tak kasat mata menggunakan kamera dari smartphone nya. Dia juga menemukan sahabatnya, Ira di salah satu rumah kosong di desa ini. Lalu...

3.Dread Out Act 1 (2014)



Linda terbangun dari mimpinya (Dread Out demo) saat diperjalanan karya wisatanya bersama Bu Siska, Ira, Shelly, Yayan dan Doni. Jalan yang mereka lalui putus dan mereka memutuskan untuk mengeksplor tempat tersebut yang merupakan sebuah kota tua yang kosong. Kota tersebut cukup aneh dan mistis serta sudah ditinggalkan cukup lama. Mereka semua akhirnya berhenti di sebuah sekolah. Ira dan Linda memutuskan untuk duduk di luar bangunan sementara yang lainnya mengeksplor ke dalam sekolah tersebut. Ketika mereka akan kembali ke mobil, Yayan tidak ada dan mereka memutuskan untuk mencari Yayan. Namun, Linda terjebak sendirian di sekolah tersebut. Linda kemudian mengeksplor sekolah ini untuk mendapatkan jalan keluar. Di sekolah terdapat sangat banyak kejanggalan, mulai dari kasus kesurupan masal, ruangan-ruangan yang harusnya tidak ada di sebuah sekolah hingga banyaknya makhluk-makhluk aneh. Linda kembali bertemu dengan wanita berkebaya merah yang akhirnya bisa ia kalahkan dan Linda dapat keluar dari sekolah tersebut. Untuk cerita yang lebih dalam, kamu bisa membaca komik Dread Out The Untold di CIAYO.



4. Dread Out Act 2 (2015)

 

Setelah Linda berhasil keluar dari sekolah tersebut, misi Linda kali ini adalah menemukan teman temannya. Disini, Linda akhirnya berhasil menemukan semua teman-temannya. Namun, semua teman-temannya kemungkinan besar meninggal dunia atau diculik oleh makhluk halus disana. Disini, Bu Siska bersikap sangat aneh dimana Bu Siska berkata "kamu murid yang baik karena sudah menuruti perintah guru", (Karin agak lupa sebetulnya mengenai act 2, Karin akan coba update lagi setelah memainkan ulang act 2).  Linda memasuki sebuah rumah besar dimana dia kembali bertemu dengan wanita berkebaya merah. Di dalam game terdapat dua ending, pertama yaitu Linda ditemukan oleh polisi dan mengalami kecelakaan yang disebabkan oleh wanita berkebaya merah. Sedangkan ending kedua, Linda kemungkinan besar mendapatkan kekuatan dari wanita berkebaya merah karena saat dia berjalan sendirian di kota, mata Linda menjadi merah seperti wanita berkebaya merah.

5. DreadOut Keepers Of The Dark (2016)


Ini adalah DLC dari DreadOut. Jadi, di DreadOut act 2 ada adegan dimana Linda duduk menghadap cermin, bayangan Linda menarik Linda masuk ke dalam cermin. Nah, hal Keepers of The Dark adalah hal yang terjadi ketika Linda berada di dunia cermin. Disini dijelaskan bahwa Bu Siska adalah dalang dari semua kejadian ini. Masih belum begitu jelas tujuan Bu Siska yang sebenarnya. Beberapa mengatakan bahwa Bu Siska ingin menjadikan Linda dan Ira sebagai tiga orang penjaga kegelapan bersama dirinya (mohon dikoreksi kalau Karin salah).

6.DreadOut 2 (coming soon)



Jadi, Digital Happiness mengumumkan mereka akan segera merilis DreadOut 2. Berdasarkan trailernya, masih 50:50 apakah karakter baru ini Linda yang memotong rambutnya atau bukan. Hahahaha. Mungkin cerita dari DreadOut 2 akan berbeda dengan cerita dari DreadOut, atau justru mungkin kelanjutan dari DreadOut. Lokasi game ini berada di sebuah kota yang gelap di malam hari. Persis dengan ending Linda dengan mata merah di DreadOut act 2. Kita tunggu saja ya!


Jangan lupa dukung Digital Happiness nya ya!
Karin akan update mengenai teori dan cerita di DreadOut berkala sebisa mungkin karen ><) Kalau ada yang salah atau ingin kamu diskusikan bisa ke instagram karin @miyazaki_karin yaa~!
Stay positive, be creative~!

No comments: