Sunday 10 July 2016

Pokémon GO - Berburu Pokémon di dunia nyata jadi kenyataan!

Halo! Karin-chan kembali lagi dengan sesuatu yang sedang hangat-hangatnya saat ini. Yup, Pokémon GO! 


Untuk yang belum tau apa itu Pokemon GO , game ini merupakan game smartphone yang memungkinkan kamu mencari Pokemon di dunia nyata. Game yang menggunakan GPS dan Augment-Reality(AR) ini juga memungkinkan kamu berinteraksi dengan pokemon di tempatmu lewat media kamera smartphone mu.

Untuk bermain game ini, kamu harus berjalan di dunia nyata untuk mencari dan mengumpulkan Pokemon. Untuk kamu yang pernah bermain Ingress, kamu tidak akan asing dalam bermain Pokemon GO. Karena sistem permainannya hampir sama. Tapi di Pokemon GO, kamu bisa melihat, menangkap Pokemon melalui kameramu. Pokemon yang didapatkan juga bergantung pada daerah yang kamu telusuri, kamu bisa mendapatkan pokemon jenis air di wilayah yang mengandung air seperti sungai atau mungkin laut. Kamu sebagai Trainer Pokemon juga bisa bertukar Pokemon dengan trainer lainnya, bertarung dan masih banyak lagi.

Masalah yang ada pada Pokemon GO :

1) Sangat Boros Baterai dan Kuota Internet

Banyak orang mengeluhkan karena baterai smartphone mereka sangat cepat habis atau panas saat bermain Pokemon GO. Tidak hanya membutuhkan GPS, kamu juga mungkin menggunakan mode AR(augmented reality) untuk melihat Pokemon di dunia nyata menggunakan kameramu yang tentu saja cepat menghabiskan baterai smartphone.

2) Smartphone berprocessor Intel tidak bisa bermain Pokemon GO
Karin-chan kurang paham detailnya, namun Pokemon GO tidak support dengan smartphone yang memiliki processor Intel.

3) Masih terdapat banyak BUG

4) Banyak smartphone tidak dapat melihat Pokemon melalui kamera karena mode AR tidak bisa diaktifkan



Tips saat bermain Pokemon GO di Indonesia
 

Untuk kamu yang sudah bermain Pokemon GO di Indoensia. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, berikut ini hal yang karin-chan rasa perlu kamu perhatikan saat bermain Pokemon GO :

1) Usahakan bermain bersama teman, jangan sendirian
Berbahaya berjalan-jalan menggenggam smartphone sendirian,terutama di beberapa daerah di Indonesia. Dikarenakan banyaknya kasus penjambretan (dan sudah ada korban penjambretan hp saat bermain Pokemon GO ) , karin-chan sarankan untuk setidaknya tidak berjalan-jalan sendirian saat bermain Pokemon GO.

2) Jangan masuki tempat yang tidak seharusnya
Polisi Australia sempat kewalahan karena banyak trainer Pokemon GO yang bolak balik masuk kantor polisi dikarenakan disana terdapat Sandshrew sehingga mereka melarang trainer masuk ke kantor polisi karena dirasa tidak pantas. Nah, dari sini kalian harus belajar untuk tidak memasuki tempat yang tidak seharusnya saat berburu Pokemon. Misalnya kantor polisi dan instansi-instansi lainnya, sekolah pada saat jam belajar(jika kamu bukan siswa sekolah tersebut), rumah sakit, tempat ibadah, rumah orang lain dan lain sebagainya.

3) Jangan bermain Pokemon GO sambil mengendarai kendaraan (baik roda 2 ataupun roda 3)
Sangat berbahaya bermain smartphone sambil mengendarai kendaraan, selain membuat tidak konsentrasi kamu juga membahayakan pengguna jalan lain. Kamu ngga mau kan jadi pembunuh karena mengejar Pokemon?
Sebaiknya kamu mengejar Pokemon dengan cara berjalan karena selain membuat kamu lebih sehat, juga lebih aman. Bagi penumpang kendaraan roda 2 juga sebaiknya tidak bermain smartphone dijalan karena biasanya kalau ketahuan polisi bisa kena tilang . ;p

4) Selalu lihat sekeliling
Jangan terlalu terbenam dalam smartphone. Lihat sekelilingmu sesekali, hati-hati menabrak orang lain saat berjalan dan perhatikan kendaraan, juga tengok kanan dan kiri saat akan menyebrang jalan.




Pokemon GO sendiri sudah dirilis di App Store dan Google Play Store di beberapa negara dan sisanya masih dalam proses sehingga mengalami region lock. Sempat ada isu bahwa Filipina telah di banned oleh pihak Nitendo karena mengunduh .apk Pokemon GO secara illegal. Tetapi kebenarannya belum karin-chan ketahui.

Untuk Indonesia sendiri, Pokemon GO juga belum dirilis di Indonesia. Namun, Pokemon GO.apk sudah sangat banyak beredar. Berhati-hatilah saat mendownload karena banyak malware yang mengaku sebagai Pokemon GO. Saran dari karin-chan sebaiknya kita bersabar menunggu Pokemon GO rilis resmi di Indonesia.

CMIIW
See you again~ .w.)//

No comments: