Monday, 18 March 2013

Kelebihan dan Kelemahan dari komik(manga) / kartun(anime) Detektif Conan(Meitantei Conan)



Moshi-moshi minna… :)
Siapa sih OTAKU yang ga tau dengan detektif yang mengecil jadi anak SD kelas 1 ?
Yup! Dia adalah Edogawa Conan dari Manga/Anime Meitantei Conan(Detektif Conan).
Kali ini, khusus untuk para penggemar Detektif Conan, Karin-chan akan memberitahu kelebihan dan kekurangan dari manga ini. dimohon untuk ngga berfikiran negatif ya. karena ini hanyalah hasil survey dan referensi aja.. ^_^

Langsung ke topik permasalahan.. :)
Pertama-tama, kita akan membahas KELEMAHAN dari Manga/Anime Meitantei Conan(Detektif Conan).

1. Kasus yang disajikan tak jauh-jauh dari Pembunuhan, Perampokan, Penculikan, Pemboman, dan Ancaman. Hanya beberapa seri yang menyajikan kasus lain. Hal ini ,dapat membuat sebagian orang yang kurang suka membaca komik menjadi bosan.

2. Terlalu banyak dialog dalam 1 panel komik. Umumnya berisi tentang dugaan, analisis atau bahkan hanya sekedar obrolan. Lagi-lagi, hal ini dapat menyebabkan kebosanan saat membaca komik.

3. Kekonyolan yang tak masuk akal, yaitu pada saat adegan ‘Kogoro Tidur’. sering ditampilkan adegan Conan menembak Kogoro Mouri dengan jam bius-nya kemudian melakukan analisis dengan mengubah suaranya menjadi suara Detektif Kogoro di depan/samping Detektif Kogoro. Yang sering dipertanyakan. Yaitu ‘Apakah orang-orang itu tak melihat Conan meniru suara Mouri dengan dasi kupu-kupunya? Apa mata para polisi bisa ditipu dengan mudahnya? Dan apakah mereka tak curiga dengan sikap Kogoro ‘sebelum’ dan ‘setelah’ menjadi Kogoro Tidur??’. hal ini dapat dikatakan sangat tak masuk akal. Namun, kebanyakan fans tak mau ambil pusing. Toh, namanya juga komik.

4. kebanyakan kata-kata sandi atau petunjuk merupakan permainan kata-kata dalam bahasa Jepang. Hal ini dapat membuat para pembaca yang bukan berasal dari Jepang akan kebingungan membaca arti dari kata sandi atau petunjuk itu walaupun bahasanya telah diterjemahkan.

5. Perkembangan tokoh lambat. Yang dimaksud adalah para tokoh mengalami perubahan yang lamban. Jika dibandingkan dengan komik-komik lain. Tokoh-tokoh utama di dalam Detektif Conan cenderung begitu-begitu saja. Hanya beberapa yang berubah, itupun tokoh sampingan.

6.Organisasi Hitam yang harusnya menjadi musuh utama, malah jarang dimunculkan dan lagi-lagi.. perkembangan Organisasi Hitam di Detektif Conan juga sangat lamban. Bahkan, tujuan dasar OH belum diketahui. Para angotanya juga tak begitu jelas tujuan utamanya.

7. Pola tiap cerita pada umumnya begini : Conan sendiri atau bersama tokoh lain-Menemukan Kasus-Mendapat Petunjuk-Menganalisis, baik sendiri atau menggunakan ‘Kogoro Tidur’ atau ‘Sonoko Tidur’ atau meminta bantuan orang untuk membantu mengungkapkan hasil analisa (contohnya:menggunakan Detektif Takagi). Atau ada juga pola umum seperti ini Conan-Menemukan Kasus-Mendapat Petunjuk-Terancam bahaya-Menganalisa di depan pelaku-Pelaku yang merasa terancam menyerang-Menggunakan jarum bius/ikat pinggang/sepatu untuk mengalahkan pelaku atau Ditolong tokoh lain. Hal ini bisa dengan mudah ditebak oleh para pembaca yang setia dan membaca sambil menganalisis juga.

8. Pelaku umumnya langsung menyerahkan diri jika triknya telah terbongkar. Membuat akhir cerita menjadi terasa hambar.



Tapi…..
Dibalik kelemahan-kelemahan itu, terdapat juga banyak kelebihan dari Meitantei Conan/Detektif Conan!

1. Setting atau latar yang berbeda-beda di setiap kasusnya. Ini nih, yang membuat banyak orang jadi betah membaca Detektif Conan berulang-ulang. Latar yang menarik dan diambil dari berbagai tempat membuat cerita ini menjadi tak membosankan dan menjadi sumber ilmu untuk para pembaca.

2. Tokoh-tokoh diambil dari berbagai bidang. Mulai dari dokter sampai penyanyi. Hampir segala bidang telah dimasukkan di dalam setiap kasus di Detektif Conan. Juga berbagai watak bisa kita temui di Detektif Conan.


3. Tak hanya kasus, tapi juga percintaan dimunculkan di Detektif Conan. Kisah cinta yang tak biasa antara Shinichi-Conan-Ran membuat tiap seri di Detektif Conan selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Tak hanya kisah cinta itu saja, ada juga kisah cinta yang unik seperti Kogoro dan Eri, Sonoko dan Makoto, Mitsuhiko-Genta-Ayumi-Ai bahkan sampai Miwako dan Takagi yang menjadi polisi.

4.Trik-trik yang tak terduga. Setiap kasus memiliki trik yang berbeda-beda. Unik dan tak terpikirkan. Dari sekian banyak kasus, Karin-chan hanya bisa menebak sekitar 10 atau 11 kasus saja. Hahaha. Namun, justru inilah kelebihan yang paling menonjol dari Detektif Conan.

5.Tokoh Utama yang mengecil menjadi anak SD kelas 1. Berbeda dengan kebanyakan komik yang tokoh utamanya keren dan dewasa. Dalam Detektif Conan, sang tokoh utama yaitu Kudo Shinichi(kelas 2 SMA), harus menyamar menjadi Edogawa Conan karena tubuhnya yang mengecil menjadi anak kelas 1 SD. Namun, disini juga kelebihan yang menonjol. Dengan tubuh kecilnya itu, Conan justru bisa melakukan hal yang tak biasa dalam dunia detektif.

6. Organisasi Hitam yang penuh misteri. Cerita inti Detektif Conan adalah untuk menghancurkan Organisasi Hitam yang tubuhnya mengecil. Namun, ternyata Organisasi itu adalah organisasi yang sangat berbahaya. Conan pernah beberapa kali hampir mendekati organisasi itu. Namun, seiring berjalannya waktu (setidaknya sampai chapter yang terbaru). Kini conan semakin dekat dengan Organisasi Hitam. Bahkan ada 3 orang misterius di dalam kisah Detektif Conan, salah satu di antara mereka adalah Bourbon. Salah satu anggota Oranisasi Hitam yang memata-matai Conan. Namun Conan belum mengetahuinya. Ketiga orang itu adalah Okiya Subaru, Amuro Tooru dan Sera(Karin-chan lupa dengan nama lengkapnya. Hehe)

7.Kekonyolan kadang kerap terjadi di tiap kasus. Suasana menegangkan akibat kasus pembunuhan atau ancaman bom kadang menjadi lucu ketika beberapa adegan lucu menghiasi cerita. Misalnya, analisis Kogoro yang asal-asalan, Conan yang kadang mengatakan hal yang harusnya tak boleh dikatakannya pada Ran, tingkah polisi yang kadang-kadang aneh dan lainnya.

8.Kemunculan Shinichi yang ditunggu-tunggu. Conan pernah beberapa kali berubah menjadi Kudo Shinichi. Yang pertama kalinya, yaitu pada kasus pembunuhan Diplomat. Conan berubah menjadi Shinichi karena meminum arak cina yang bernama Paikal. Namun, ketika Conan mencoba meminum Paikal lagi. Ternyata ia tak bisa kembali ke wujud Shinichi. Kemudian, setelah munculnya Haibara Ai. Conan pernah beberapa kali berubah wujud menjadi Shinichi karena meminum penawar APTX 4869 . shinichi beberapa kali ‘muncul secara misterius’ pada beberapa kasus. Seperti pada saat festival sekolah, pada saat kasus Dewa Kematian, kasus pembunuhan berantai di Kyoto, dan pada saat Conan berada di London. Hal ini tentu sangat ditunggu” oleh para fans. Terutama fans perempuan. Sebab, Ran yang terus menunggu kepulangan Shinichi tentu akan merasa sangat bahagia ketika melihat kemunculan Shinichi. Tentunya ini menambah greget kisah cinta mereka.

9.Conan yang multi talent dan jenius. Sebagain seorang detektif professional. Conan/Shinichi harus memiliki pengetahuan yang luas dan bisa melakukan banyak hal yang dapat membantu job-nya sebagai Detektif SMU ternama. Dan Conan memiliki hal itu. Ia memiliki kemampuan analisis yang luar biasa sebagai detektif. Ia juga memiliki bakat di bidang sepak bola, ia mampu menembak dengan tepat, ia bahkan bisa mengendarai Pesawat terbang!

10.Image Polisi yang semula ‘Menyeramkan dan menakutkan’ berubah menjadi ‘Keren, Ramah, Hebat dan mereka adalah manusia biasa’. Kesan polisi diubah di dalam Detektif Conan menjadi sangat menarik. Polisi tak hanya mengerjakan tugasnya, di Detektif Conan, kehidupan pribadi para polisi-pun dikupas. Hal ini menjadikan daya tarik yang cukup memuaskan.

11.Tingkah imut Conan di depan orang-orang tertentu, terutama pada Ran. Agar identitas aslinya sebagai Kudo Shinichi tak terbongkar, Conan tentu harus bersikap layaknya anak kelas 1 SD di depan orang-orang tertentu. Terutama pada Ran. Hal ini tentu membuat fans menjadi gemas akan tingkah Conan yang kontras pada tiap orang. Ini adalah daya tarik yang menonjol di Detektif Conan.

12. Kemampuan karate Ran yang luar biasa, adalah daya tarik yang mengangumkan. Ran sebagai wanita yang feminism namun sangat ahli dalam bidang karate menambah keren manga/anime Detektif Conan.

Sebetulnya masih banyak kelebihan dari Detektif Conan. Tapi Karin-chan hanya sebutin beberapa. ^_^
Dibalik kelemahannya, kelebihan di Detektif Conan lebih banyak yaa? :D
Well, Karin-chan minta maaf kalau ada yang salah yaa.
Sayonaraaaa!!! :D
☼♥Miyazaki Karin♥☼

5 comments:

yuliana said...

i love Kudo Shinici , walaupun dia uda mengecil tp ia tetep semangat hidup n mengungkap kasus , pantang menyerah . yang bikin semangat siapa lg lw bukan Ran ,, hehehe . thanks y karin-chan ,,

Greta Septy said...

bagus

obat maag kronis said...

nice review obat maag kronis

obat maag kronis said...

tetep banyak kelebihannya, ide cerita yang sangat jenius mengalahkan kekonyolan difilm ini. lagipula kan untuk konsumsi anak anak, bukan untuk dibandingkan dengan film THE DARK KNIGHT :D salam obat maag kronis

ahmad saputra said...

terima kasi geng