Sunday, 12 January 2014

Cosplay itu mahal? Cosplay harus Epic? Read This!

Sebelumnyaa~
Karin-chan ingin memperingatkan.. This is MY PERSONAL OPINION.. Terserah mau pro atau kontra ^o^)v Karin-chan enjoy aja. Tapi, kata-katanya mohon diresapi yaa.. -w-

Kali ini, karin-chan akan membahas beberapa problematika yang terdapat di antara para cosplayer, fans, dan lainnya.. Enjoy..
Wkwkwkw



Oke, mari kita mulai pembahasannya -O-)7
Beberapa orang bilang begini "cosplay itu hobi yang mahal, memakan banyak biaya" "cosplay itu hobi untuk orang-orang kaya" "cosplay itu harus pake barang-barang ORI dan berkualitas internasional" dan bla bla bla bla..

Memang, pendapat mereka tidak 100% salah. Tapi, yang perlu dipertanyakan adalah ini:

1. Cosplay itu hobi yang mahal
Semahal apa? Semahal limousin?

2.Cosplay itu hobi untuk orang-orang kaya
Jadi? Yang miskin ga boleh cosplay?

Alasannya?
Mereka bilang begini~
"cosplay itu tuh mahal. Buat beli wig, buat make up, buat bayar photograper, buat beli kostum, buat beli ini.. itu...totalnya bisa jutaan, "

Oh.. Plis deh. -___-
itu namanya diskriminasi.
Semua orang BISA cosplay. Semua orang berhak menyalurkan hobinya. Siapapun dia dan dimanapun dia.

Cosplay harus epic?
Epic itu relatif, sayang.. :) Dan lagi, membuat sebuah cosplay menjadi epic itu.. Ngga semudah makan bubur.. Perlu banyak hal yang perlu diperhatikan. Termasuk kekuatan Photoshop :p


Positive Thinking Please ^o^

1. Cosplay NGGA HARUS mahaaalll
Be creative please.. Wig import mahal agar cosplay lebih keren? No. Wig lokal pun ngga kalah bagusnya kok :) .. Bisa menekan biaya kan? Kemudian.. Kostum.. Haruskah membeli kostum berjuta-juta agar cosplay terlihat epic? Ngga! Kita bisa kok membuat kostum sendiri, atau memesan di penjahit langganan.. Ada beberapa temen cosplayer karin-chan yang kostumnya handmade tangan mereka sendiri. Dan, cosplay mereka keren lho!

Untuk membuat cosplay epic, bahkan mungkin kalian hanya perlu make up dan outfit sederhana.. Sisanya, serahkan pada kekuatan Photoshop!

THE POWER OF PHOTOSHOP!

Karin-chan ngga mengatakan kalau Cosplay ngga butuh biaya.
Tapi, disini karin-chan menegaskan kalau cosplay pun bisa dilakukan walaupun dana yang kamu miliki hanya sedikit. Dan kamu bisa membuat cosplamu epic jika kamu kreatif.

2.Cosplay Hobi Semua Orang
Jangan sekali-kali berfikiran bahwa cosplay hanyalah hobi untuk orang kaya! Ini juga berlaku untuk hobi-hobi yang lain. Semua orang berhak kok memiliki hobi apapun! Selama hobi itu bisa mendatangkan manfaat. Dan ngga ada orang yang berhak melarang atau mengatur hobi seseorang. Remember it.

3.Cosplay Ngga Harus Epic
Ini masih menjadi problematika~ -w-
Haruskah setiap cosplay itu epic? Haruskan setiap cosplayer berwajah moe atau tamvan atau lainnya?
Karin-chan rasa ngga.. It's up to the cosplayer. NOT It's Up to You.
Yang punya hobi siapa? Yang keluarin dana dan tenaga siapa? Jadilah viewer yang baik. Silahkan komentar jika bisa memberikan saran membangun.
Disini karin-chan ngga bilang kalo kamu boleh cosplay seenak jidat dan ngga maksimal dalam menampilkan cosplay-mu. Tapi, yang ditegaskan disini adalah..
Menampilkan sebuah karakter itu sulit. Jadi, karin-chan meminta viewer untuk menghargai para cosplayer. Toh, mereka udah berusaha sekuat tenaga untuk menampilkan yang terbaik kan?


Sementara ini, sampai disini dulu deh -w-)/
Karin-chan mau belajar dulu ^o^)7
Terimakasih sudah membaca.

Numpang narsis .___.)v

One more..
Miyazaki Karin Quote's

"Prinsip orang kreatif adalah = Kenapa saya harus mengeluarkan banyak biaya jika saya bisa menampilkan hasil yang LUAR BIASA dari barang-barang GRATIS?"

cerna quotes nya ya -w-)a
Tehehhe

Semoga artikel kecil ini bisa membawa manfaat. amin :'v

2 comments:

Lan Ahmad said...

Manusia punya ide yang tak akan pernah habis, jika mau berusaha pasti selama kita kreatif untuk berjuang
Udah banyak teman saya jadi cosplay trrus ikut event besar dulu mereka ngecosplay itu hanya pinjam meminjam modal dikit toh bisa tembus ke jakarta ikut event besar
Kunjungi kak lanazalia.blogspot.com

Arif Sudirman said...

Aku suka Cosuuu~~ ahahah